Tuesday, July 27, 2010

Bad Migraine

Sudah pukul 00.33 dini hari...
...dan saya belum bisa terlelap.

Beberapa jam yang lalu, migrain saya kambuh. Saya mulai ngerasa pusing ketika asyik treadmill. Biasanya saya treadmill dengan speed 9 hingga 11, tapi tadi baru di speed 6 saja saya sudah ngos-ngosan kepayahan. Akhirnya, saya lebih banyak jalan cepat dibandingkan lari. Beres fitness di Grand Indonesia, saya nemenin Jeng Sri ke Plaza Semanggi. Selama di Plangi, saya udah mulai ngerasa pusing ga karuan, jadi lebih banyak diemnya. Yang biasanya grasa-grusu kalo ngeliat sale, tadi adem ayem aja. Lebih konsen ke gimana caranya supaya sakit kepala ini cepat ilang. Ga begitu lama di Plangi, saya pulang dan untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan seperti pingsan di tengah jalan, saya memutuskan untuk pulang dengan taksi saja. Sesampainya di kosan, saya ngacir ke toilet dan hoeekkss, keluarlah semua isi perut saya seharian ini. Rasanya? Ga usah ditanya, sakitnya naujubilah, sampai saya teriak-teriak kesakitan sambil ngeremas rambut ga karuan dan sesekali jedotin kepala ke tembok which is justru setelahnya saya feeling better. Oh, God, siksa sekali kalo migrain udah kambuh. Lately, jarang sekali migrain saya kambuh, entah kenapa hari ini dia berkunjung lagi.

Barusan search di google, apa penyebab migrain, and here are several answers :

Secara garis besar, migrain terjadi akibat :

1. Kekurangan nutrisi dan kurang tidur.
Yepp, akhir-akhir ini saya memang sering begadang :(
Well, okay, saya akan mulai kurangi kebiasaan ini.

2. Terkena cahaya yang terlalu terang atau suara yang terlalu bising.
Ah ga juga kayanya mah. Setengah hari bahkan lebih saya habiskan di kantor, dan suasana adem ayem aja, ga ada kebisingan yang berarti dan untuk soal cahaya pun... so far no problemo. Jadi, kayanya untuk bagian ini, ga begitu berpengaruh buat saya.

3. Berubahnya hormon saat menstruasi.
Ehm, si saya memang sedang kedatangan tamu bulanan saat ini :)

4. Stress.
Ah, kata siapa saya stress? Everything run well, kok. I'm doing just fine :p

5. Perubahan cuaca yang drastis.
Saya kurang peka terhadap kondisi cuaca akhir-akhir ini. So it maybe yes, maybe no.

6. Banyak mengkonsumsi minuman berkafein, dan beralkohol.
Big no to alcohol, but yes, i'm caffeine consumer. Hampir tiap hari saya mengkonsumsi kopi, of course untuk mengusir kantuk yang sering melanda di jam-jam kritis, jam-jam setelah makan siang. Okelah kalo begitu, saya akan mengurangi konsumsi kafein, for better life.

7. Memakan makanan yang mengandung MSG atau nitrat.
Hemm.. iya ya? Saya akan lebih concern deh kalo gitu.

8. Merokok.
Hell no, i'm not a smoker.
(sumber : penyebab migrain)

Oya, akibat menjambak-jambak rambut ini, saya menemukan sesuatu. Apa itu? UBAAANNN... Yap, saya punya uban. Uban pertama sejauh ini, yayy, excited to de max! *malah senang punya uban, hehe*

Well, it's 0:46, dan berdasarkan sumber yang saya baca tadi, ga boleh begadang, so akan saya paksakan untuk istirahat saja sekarang. Nite, y'all. Sleep well, sleep tight, and have a nice dream.

No comments: