Monday, February 6, 2012

[Never-Ending] Self-Introspection

Teman: Pernah ga sih kakak tuh tau kalo kakak jahat sama temen kakak, tapi kakak masa bodoh, tetep aja jahat ma dy?
Saya : Ya pernah, lah, retoris itu sih
Teman : Maksudku, kaya di sinetron-sinetron gitu, kakak jadi tokoh antagonis, mendzhalimi orang, hehe..
Saya
: *mikir bentar* Pasti pernah, tapi bentar deh aku inget-inget dulu, ya.. Nah, kamu?

Teman
: Mmm.. kalo aku sih seringnya jadi yang dizhalimi, kak..

Saya
: Ahaha.. Kok curhat? Canda..

bla bla bla..


***

Beranjak dari percakapan itu, saya teringat satu cerita yang lagi-lagi terjadi sewaktu saya di SMA dulu (never dies lah cerita masa SMA mah).

Jadi, karena saya tinggal di asrama, untuk periode kelas 1 dan 2, setiap 6 bulan sekali, kami menempati kamar yang berbeda, tentunya dengan komposisi teman sekamar yang berbeda pula. Begitu naik kelas 3, dengan alasan agar tidak mengganggu aktivitas belajar, tidak ada pergantian kamar, jadilah kami harus menempati kamar yang sama hingga akhir periode kelas 3 dengan teman sekamar yang tetap sama juga.

Waktu itu saya sekamar dengan YI, ADC, dan LNP. Ketiga teman sekamar saya ini overall asyik-asyik dan baik-baik semua. Walau sesekali terjadi selisih pendapat, tapi hal-hal itu bisa dianggap hanya sebagai bumbu pelengkap pertemanan, intinya mah masih asyik-asyik saja.

Blame on broken-hearted, sewaktu kelas 3, saya menjadi pribadi yang lebih tertutup, lebih masa bodoh dan apatis (kurang peka terhadap sekitar), menyebalkan karena terkungkung dalam drama menyedihkan yang saya ciptakan sendiri, dan berujung pada high-temper. YI dan ADC udah kebal dengan kelakuan saya yang suka seenaknya, karena mereka bisa dan berani protes apabila saya udah kelewatan ngeselinnya. Lain halnya dengan LNP yang lebih pendiam dan kalem, dia lebih sering sabar dan ngalah menghadapi saya. Karena merasa di atas angin, jadilah saya makin semena-mena. *eh tapi, jangan membayangkan hal yang berlebihan juga ya, karena saya ga se-antagonis itu juga sih, hehe..*

Setiap hari kami diwajibkan untuk menjaga kebersihan dan kerapihan kamar. Karena itu, tiap kamar mempunyai jadwal piket masing-masing, siapa yang menyapu dan mengepel lantai, siapa yang mencuci peralatan makan yang kotor, siapa yang bertanggung jawab terhadap kebersihan balkon kamar, dan siapa yang kebagian giliran untuk membersihkan kamar mandi. Pembagiannya kurang lebih seperti itu.

Waktu itu giliran saya menyapu lantai. Saat saya beres nyapu dan sumringah melihat lantai yang udah kinclong, tiba-tiba LNP pindah ke depan cermin untuk menyisir rambut dan beberapa helai rambutnya jatuh ke lantai. Tanpa babibu, saya bentak dia dengan kasar dan tak terputus. YI dan ADC yang juga melihat kejadian itu hanya diam saja, bukan karena segan kepada saya, tapi karna males ribut, tahu bahwa hanya debat kusir jadinya kalo diterusin berdebat.

Malam harinya, kami semua belajar bareng karena waktu itu memang lagi musim ujian. Seakan ga inget kalo saya udah jahat ama dia (dan emang saya juga belum minta maaf), seenaknya aja saya nyontek jawaban PR dari dia yang udah beres dia kerjain sampai begadang. Duh, kalo diinget-inget lagi, maluuu banget. Seandainya saya yang jadi LNP, mana mau saya diperlakukan semena-mena seperti itu. Di lain waktu, LNP pernah sakit dan saya lupa membawakan makanan untuk dia. Seingat saya, waktu itu saya lagi sebal sama dia, dan tanpa merasa bersalah karena malah teman dari kamar lain yang akhirnya membawakan makan, saya cuek aja masuk kamar dan sibuk sendiri. Ah, cukup banyak hal jahat lainnya yang saya perbuat pada LNP, tapi dia ga berubah, tetep aja ga ngelawan. Kalopun dia sesekali protes, hampir ga pernah saya pedulikan. Masa bodoh pisan!

Sampai pada saat menjelang kelulusan, saat seluruh kelas 3 sebentar lagi akan meninggalkan asrama, akhirnya ada momen dimana kami berkesempatan untuk berbicara cukup lama, yang tadinya hanya obrolan sampah haha-hihi, kemudian menjadi serius saling bertukar isi hati. Saya lupa bagaimana persisnya ceritanya, tapi at the end, dia bilang, bukannya dia takut atau segan melawan setiap kali saya berlaku kasar. Dia hanya ga ingin memperpanjang masalah. Sempat beberapa kali dia cukup terluka dan bahkan sempat menangis (yang ga pernah saya sadari), tapi dia tetep kalem dan lempeng aja di permukaan. Yang kemudian membuat saya menangis sesenggukan, dia bilang kalo dia beranggapan bahwa sebenarnya saya ga sejahat itu, cuma karena lagi banyak masalah aja makanya jadi temperamen. Dia ngingetin kebaikan-kebaikan saya, as simple as that, ngasi saran supaya saya ga terlalu menenggelamkan diri dalam drama patah hati akut, dll dsb.

Saat itu saya sakit hati, bukan karena orang lain, tetapi karena saya sendiri. Ketika tiba waktunya kesadaran itu datang, sesal bertubi-tubi itulah yang menusuk-nusuk hati saya, nyampe nangis pun ga bisa bersuara. Ah, luar biasa nyesel lah pokona mah. If only I could turn back time, waktu itu saya sungguh berharap diberi kesempatan untuk mengulang waktu, memperbaiki diri sedari awal agar pada akhirnya ketika menemui perpisahan, kesan tentang yusi yang tertanam di diri teman-teman saya sebisa mungkin lebih banyak kesan-kesan yang menyenangkan.

Beruntung, selama 3 tahun itu, saya hidup di tengah-tengah teman-teman yang hampir semuanya ga berbakat jadi orang jahat. Kalau dibandingkan dengan cerita-cerita remaja sekolah saat ini, misalnya senior menggencet junior atau kejahatan-kejahatan lainnya, saya ga pernah mengalami dan ga pernah menemukan di masa saya SMA. Yah, pastinya selalu ada konflik, intrik, dan masalah, tapi kalo saya bahasakan kira-kira seperti ini: jahatnya masih cupu dan ga kreatif :)

5 comments:

Angga said...

Pantesan kow jd susah dapet jodoh kmaren2,masih dosa ama LNP kali kow..hahaha

Angga said...

Pantesan kow jd susah dapet jodoh kmaren2,masih dosa ama LNP kali kow..hahaha

eve said...

trus gw masih nginget2 LNP itu siapah *oon

AdiaT said...

gw malah lg berusaha inget2 siapa aja itu LNP, YI dan ADC :D

Yushie said...

hahaha, klean ini merusak flow aja nah.
bah, bisanya nda ingat teman sendiri.
YI : bundo
ADC : gadis Paser
LNP : teman kita yang suka nyanyi India tu haa...