Friday, April 12, 2019

5 Hari Bersama @lokana.id


Assalamu’alaikum, teman-teman...

Makan siangnya pake apa hari ini?

Ngomong-ngomong soal makanan, sejak saya tergabung di salah satu grup perkumpulan ibu-ibu yahud di WhatsApp, jadi keinget lagi bahwa kita harus selalu concern soal makanan. Mereka banyak sharing mengenai bahan-bahan makanan sehat, cara mengolahnya gimana, bahkan alat masak yang sehat juga dibahas.

Nah, soal makanan sehat ini emang penting banget, sih, karena di jaman sekarang ini, salah satu penyumbang penyakit terbesar yaitu dari pola makan. “Ah, jaman dulu kakek-nenek saya makannya juga asal-asalan, sehat-sehat aja, kok sampai sekarang”. Alhamdulillah kalo memang begitu, tapi jaman dulu kan beda ama jaman sekarang. Tiap tahun, polusi bertambah diperparah lagi oleh gempuran radikal bebas. Jaman dulu mana ada yang namanya Air Conditioner, karena emang cuaca sejuk, pepohonan rimbun, lah sekarang, AC diciptakan bukan cuma untuk menghalau udara yang sumuk tapi juga dengan berentet teknologinya semacam air purifier, pembunuh kuman, dll dsb yang emang dikarenakan lingkungan kita sudah jauh berbeda dengan jaman dulu.

Pun soal bahan makanan, dulu bahan makanan lebih orisinil dibanding masa kini. Nah, sekarang, serba ditakut-takuti dengan berita beras yang dikasih pemutih lah, gorengan yang dicampur plastik, dll, dsb, sempet bikin horor mau jajan di luar. Mau ga mau emang kita harus put extra effort untuk memastikan bahwa makanan kita sehat untuk dimakan.

Lanjut ke soal makanan sehat dan grup WA ibu-ibu favoritku itu, aku dapat banyak pencerahan soal yang receh-receh bagiku, misalnya di mana beli bahan makan organik, merk apa aja yang recommended, dll dsb. Tapi, dengan alasan sibuk lah, waktuku banyak habis di jalan, lah, rencana makan sehat ini hanya sebatas rencana, progress eksekusinya lambat banget. Saat ini baru sebatas no MSG di rumah terutama untuk anak-anak, ngurangin cemilan yang berpengawet (tetep dikasih tapi ga dibiasain), konsumsi beras organik, ganti minyak jadi minyak kelapa (saya pake merk B*rco), beralih ke himalayan salt, ngurangin goreng-gorengan, tapi kalo tumis sih masih, kalo bisa ya rebus-rebusan atau kukus-kukusan aja. Tapiii itu baru sebatas mengganti bahan makanan aja, nah masaknya ini yang maleees banget.

Sampai di suatu hari saya berjodoh dengan catering makanan sehat dari instagram @lokana.id. First impression saya waktu liat feed IG-nya, tampilannya sih OK tapi masih skeptis sama rasanya. Di minggu saya berlangganan catering ini menunya Kerajaan Nusantara. Saya ga nanya detail menu per harinya apa aja jadi biar surprise terus setiap hari, walaupun deep inside saya deg-degan juga karena dalam sehari, makanan yang paling penting bagi saya itu saat makan siang. Kalo sarapan dan makan malam, apa aja lah asalkan makan siangnya mancap. Tapi kalo ga dicoba ga bakal tau, kan. Long story short, menu makanan pertama datang dan ternyata rasanya sangat bisa ditolerir, cuma porsinya aja yang bagi saya kurang. Tapi kan prinsip makanan sehat, makan bukan untuk kenyang tapi secukupnya saja.

Dari hari pertama sampai di hari kelima, semua menu hampir habis saya lahap. Ada yang ga habis, tapi itu karena sebelumnya udah keburu makan duluan, cheating dikit tak apa lah, namanya juga newbie, hehe. Trus, kesan dan pesan selama 5 hari ini gimana? Berhubung namanya makanan sehat pasti ada yang bakal nanya soal pengaruhnya ke berat badan gimana. Berat badan saya turun dikit aja ga nyampe 1 kg karena emang tujuan utamanya bukan untuk diet. Tapi kalo yang mau diseriusin, makan ini bisa jadi menu diet, asal istiqomah dengan programnya. Perasaan saya ketika makan jadi lebih enteng karena tau saya memasukkan bahan-bahan yang OK ke dalam tubuh. Biasanya kan kalo makan enak tuh suka merasa bersalah udahannya, nah ini nggak, padahal rasanya tetep enak juga.

@lokana.id


Day 1: Nasi merah, Sayur kol, Ikan balado, Perkedel jagung


Day 2: Pempek, Mie kuning udah ada rasa bumbunya agak plain


Day 3: Nasi merah, Tumis tauge, Fillet ayam bakar kecap, Tempe orek kecap

Day 4: Nasi merah, Tumis labu siam, Fillet ayam balado, Bakwan

Day 5: Nasi kuning, Gado-gado sayur, Fillet ayam goreng serundeng, Tempe orek kecap

Buat temen-temen yang berminat untuk nyobain katering makanan sehat ini, saya ngerekomendasiin banget si @lokana.id karena menunya nggak nakutin, malah enak walopun ya ga seenak ramen atau salmon mentai sushi tapi seriously enak. Semua menunya merupakan cita rasa masakan nusantara. Udah gitu harganya bersahabat, cuma 45.ooo per-porsi udah termasuk delivery. Sejauh ini, saya belum pernah menemukan katering yang di bawah 50.000 itupun saya lupa udah sama delivery cost atau belum.

No comments: