Wednesday, September 19, 2018

How’s the First Trimester Going

Sejak cek kandungan dan ternyata udah positif 4w5d at that time, mulailah saya merasakan beberapa hal yang lazimnya dialami oleh wanita yang sedang hamil muda. Duluuu banget, saat belum hamil dan masih segar bugar *sekarang sih Alhamdulillah sehat tapi kata orang-orang ga segar dan bugar :(*, saya pernah sompral banget bilang kalo saya hamil ntar kayanya ga bakal rewel, deh. Soalnya walo makan saya ga teratur, tapi saya Alhamdulillah jarang ga enak badan apalagi sakit. Salah satu penyebabnya mungkin karena saya rajin olahraga dan rutin minum vitamin. Temen-temen juga komen hal serupa, melihat pergerakan saya cukup malah cenderung sangat aktif ga bisa diem. Kayanya bakal jadi emak-emak yang tahan banting, nih. Itu duluuu.. sebelum hamil, hehehe..

Ternyata, kenyataan tidak seperti yang dibayangkan. Tanpa bermaksud mengeluhkan keadaan (ya sekalian curcol, sih dikit, hehe..), saat ini saya justru lagi lemas-lemasnya.

Apa saja hal-hal yang saya alami itu?

1. Mual dan muntah

Ini mah ga usah ditanya, ya. Hasil browsing menunjukkan bahwa mostly ibu hamil akan merasakan mual. Ada yang biasa aja, ga nyampe muntah. Ada yang sampe harus bedrest sampai diinfus karena ga ada makanan yang bisa masuk. Alhamdulillah saya ada di tengah-tengah, mual dan muntah tapi ga sampai harus diinfus. So far selama hampir 10 minggu ini, frekuensi muntah masih lumayan sering, paling banyak 6x dalam sehari, itu juga kalo lagi hectic, lupa ngemil nyampe asam lambung udah keburu naik. Kalo weekend biasanya full istirahat, jadinya aman terkendali. Apalagi weekend kan ngungsi ke rumah mertua, dimana segalanya terjamin, tinggal bobo-bangun-makan doang, hehehehe..

2. Pusing

Pusing biasanya kalo ga sengaja nyium wewangian. Tapi hal ini ga menjadi masalah serius buat saya. So far pusing jarang menyerang.

3. Lemes dan ngantuk di pagi dan siang hari

Kalo ini udah ga bisa terelakkan. Yang dulunya aktif, jalan aja cepet banget, pergerakan sigap, sekarang jadi lemes mulu. Pengennya rebahan kalo bisa. Di kantor, saya beli bantal khusus buat menyangga punggung biar nyendernya enak. Saya udah ga pernah makan siang turun ke kantin, selalu mesen dan makan di pantry di lantai saya. Sisa waktu istirahat makan siang saya manfaatkan buat tidur di kubikel.

4. Susah tidur dan sering terbangun di malam hari

Saya jadi sering kebangun buat pipis. Tiap malam bisa bangun ampe belasan kali buat pipis. Sering tiba-tiba melek juga trus butuh waktu sekian menit sebelum bener-bener bisa terlelap lagi. Mendengar cerita temen-temen yang udah hamil gede, saya harus banyak-banyak bersyukur, walo susah tidur dan sering kebangun, tapi blom ada keluhan soal sakit ini itu. Sekarang posisi tidur masih enak dan ga pernah sesak nafas, Alhamdulillah.

5. Fungsi indera penciuman saya meningkat tajam..
yang mana membuat saya anti terhadap segala jenis wewangian! Parfum otomatis istirahat dulu. Sabun mandi pun pilih-pilih, so far saya memakai sabun mandi batangan dari brand TBS dengan aroma Shea yang menurut saya netral. Jadi, kalo masuk kamar mandi, nyium aroma sabun, otomatis langsung mual skala biasa sampai ga karuan, tergantung berapa lama saya mesti ngendon di toilet. Saya mesti mandi sebelum suami, karena kalo dia mandi duluan, mesti nunggu lama supaya aromanya netral baru saya kuat masuk kamar mandi.

Nah, di toilet kantor saya ini ada pewangi otomatis yang nyemprot tiap beberapa menit. Jadilah, toilet ini menjadi salah satu momok saya selain lift yang juga ada pewangi otomatisnya. Padahal ibu hamil kan sering beser, yah, mau ga mau sering ke toilet. Kalo ke toilet jadinya pake syal dililit ke idung, persis ninja, cuma dibuka kalo mau wudhu doang. Dan kalo lagi di dalam lift, saya jepit hidung, bernafas pake mulut. Segitunya? Yes, tindakan preventif daripada saya hoek-hoek di depan umum.

6. Anti kosmetik

Sebelum hamil pun saya ga begitu suka make kosmetik. Standar cuma pensil alis, lipstik, bedak (ga tiap hari), eyeliner (kadang-kadang aja tergantung mood), parfum. Eh, banyak juga, ya :D Nah, sejak hamil ini, blaaasss, ga ada satupun yang saya pakai. Eneeeg banget kalo ngeliat barang-barang itu. Sampai-sampai saya pernah mual hebat gara-gara nonton sinetron dimana pemainnya make blush on dan eyeshadow tebel. Hoeks, langsung ngacir ke toilet buat muntah. Untungnya suami saya pengertian banget (semoga beneran pengertian, ya) ngeliat penampilan istrinya berubah jadi kucel bin lasak. Make baju juga dulu biasanya saya pilih di malam sebelumnya, mix and match ama jilbab, aksesoris, dan sepatu. Sekarang? Boro-boro.. Saya endus dulu bajunya, kalo aromanya netral, baru saya mau pake. Saya dan suami kan memakai jasa laundry, nah kadang-kadang walo udah diingetin buat ga pake pewangi, tetep aja mereka kelupaan. Pernah seharian saya mual gegara make baju yang wanginya ampuunn dah. Selama di kantor saya pake masker plus lilit seputar hidung make syal tebel.

7. Jerawatan

Paraaahhh ini muka saya jadi jerawatan parah. Entah karena pengaruh hormon atau emang karena saya sempat mogok cuci muka karena belum menemukan sabun cuci muka yang no-fragrance. Saya memang cukup sering jerawatan, apalagi menjelang datang bulan, tapi itu juga cuma 1 atau 2 doang, gede dan hilangnya lama, tapi ya hilang. Nah, sekarang ini 1 jerawat belum hilang, udah nambah lagi, gituuu aja mulu. Tapi saya ga peduli, ga berniat make obat jerawat apapun itu. Kata temen-temen, sabar aja, tar juga hilang sendiri begitu udah melahirkan.

8. Sembelit

Hasil sharing dengan temen-temen yang udah pernah hamil, biasanya masalah ini muncul di trimester akhir, tapi saya kok ngalaminnya justru di awal atau dari awal, ya? Akhirnya solusinya yaitu pola makan lebih diatur, dan lebih banyak makan buah terutama pepaya. Saya sempat susah makan sehingga hanya bisa makan pisang dan roti. Ternyata pisang ini berkontribusi membuat sembelit. So, cao pisang. Tapi semenjak diganti jadi apel dan pepaya, masalah ini Alhamdulillah solved.

Kok yang saya tulis di atas soal keluhan-keluhan semua, ya? Trus hal-hal positifnya apa? Naahh, Alhamdulillah selain hal-hal tersebut di atas, ada banyak juga hal-hal positif yang saya rasakan, antara lain:

1. Jadi lebih sabar

Kadang-kadang emang masih suka mengeluh, tapi bersyukuuur banget keluarga terutama suami sangat amat menularkan energi positif sehingga saya jadi lebih banyak bersyukur daripada mengeluh. Teman-teman di sekitar saya juga banyak yang baik-baik banget, terutama yang lagi hamil, karena sama-sama lagi ngerasain yang namanya kehamilan, jadinya masukan dari mereka bisa ngebuat saya jadi lebih tenang dan kalem menghadapi kehamilan ini.

2. Pola makan teratur dan lebih sehat

Pagi sarapan susu hangat dan roti tawar dikasih selai. Sekitar jam 10 ngemil roti lagi dan buah, biasanya apel ditambah jus kalo saat weekend. Saya paling suka jus sirsak. Saat makan siang saya makan dengan normal, nasi dan sayur beserta lauk. Waktu usia kandungan 5-6 minggu, saya cuma kepengen sayur bening daun katuk ama ikan asin. Saat itu saya lagi ngungsi ke rumah mertua dan di rumah mertua ada tanaman daun katuk, jadi tiap siang metik daun, deh. Ikan asin juga dicariin ama mama di pasar. Sorenya saya ngemil buah lagi. Makan malam diganti dengan oatmeal polos cuma make sedikit garam biar ada rasanya, trus ditutup dengan minum susu. Vitamin rutin diminum sesuai aturan dokter dan ngemil sehat (crackers atau sereal) di tengah-tengah jam-jam tersebut. So far makan juga ga pernah yang aneh-aneh. Dulu saya gila banget ama yang namanya bakso. Seminggu bisa sampe 3 kali ngebakso. Sekarang jadi eneg banget. Indomie juga ga kepengen. Semoga seterusnya pola makan sehat ini bisa tetap terjaga. Aminn..

3. Kalem dan santai

Dulu, saya grasa-grusu banget, ngelakuin apa-apa tuh suka ga santai. Jalan aja beberapa kali kesandung karena langkah saya kecepetan atau ga ngeliat kanan-kiri. Kalo badan ga cape ya ga istirahat. Kemarin siang ngobrol ama temen kantor yang juga olahragawan. Dia bilang, mungkin sekarang ini saya dikasih mual dengan kadar segini biar jadi lebih aware dengan bayi dalam kandungan. Grasa-grusunya jadi berkurang dan jadi lebih rileks. Sepertinya bener sih apa yang dia bilang.

No comments: