Monday, April 6, 2009

Aku dan Tugas Akhirku

TEPAR.

Sejak sebulan lalu kurang tidur banget. Kalo dipukul rata, sehari mungkin cuma sejam dua jam. Apalagi kalo bukan gara-gara TA.

Mau cerita dulu soal pengerjaan TA. Jadi, saya udah ngambil TA sejak tahun lalu. Awal-awal ngerjain TA semangat banget, malah nargetin lulus Juli tahun lalu. Tapi apalah daya, Juli pun lewat. Gantian, ngejar si Oktober. Lagi-lagi karna ada hambatan, gugur pula. Sejak Oktober gugur, ntah kenapa, rasanya jadi maleeesss banget. Akhirnya kebanyakan main, dan ujung-ujungnya sakit, lumayan, kena tipus. Harus istirahat sebulan. Sembuh dari tipus, saya menghilang dari kampus. Sempat jadi DPO, nyampe dosen pembimbing saya mesti turun tangan buat ngubungin.

Akhirnya, awal Maret kemaren, saya tobat (deuu.. tobaaatt maakk..). Ngeliat deadline makin deket, saya bener-bener tobat sejadi-jadinya. Di saat semangat lagi di ubun-ubun, saya dapat cobaan lagi, laptop saya rusak, harus diinstall ulang dan sebagian pengolahan data saya hilang karna (tololnya) saya simpan di desktop. Jadi aja malam itu saya nangis meraung-raung. Temen-temen saya yang baik hati (thanks Asri, Agus, Babay) berbaik hati minjemin laptopnya malam itu buat saya pake. Besoknya saya ngadep dosen pembimbing, saya ceritain semua uneg-uneg saya, finally dikasi solusi, pake komputer jurusan aja.

Sejak hari itu saya resmi jadi "hantu" lab geodinamika di jurusan. Pagi-siang-sore-malam-pagi lagi, kalo mau nyari saya, dateng aja ke situ, pasti nemuin saya, ntah lagi stress, nangis, diem, ngelamun, pokonya ada aja di situ. Nyampe barang-barang yang penting, kaya printer, baju, sikat gigi, deodorant, kaos kaki, sandal jepit, saya boyong ke lab biar ga perlu pulang ke kost lagi. Kalo lagi ga ada di lab, berarti saya lagi makan, ke WC, pulang ke kost buat mandi, gitu doank.

Selama pengerjaan itu, ga selamanya mulus. Malam sebelum kolokium (seminar pra sidang-red), saya harus ngulang pemodelan. Karna stress, saya telfon orangtua saya, nangis-nangis nyampe susah ngomong, minta dipulangin aja, ga mau lulus aja. Saking despretnya, nih. Besoknya kolokium, saya stress lagi, nangis lagi, nyampe temen-temen bingung mesti ngapain. Akhirnya, Jumat, 27 Maret jam 3 sore saya kolokium. Sejam lebih kemudian, kolokium beres, dapat revisi sana-sini, tapi blum dikasi tau pasti sidangnya kapan. Stress lagi jadinya.

Senin saya ngadep pembimbing lagi, nyodorin draft yang udah direvisi, minta jadwal sidang, dikasi hari Rabu, 1 April jam 3 sore. Udah mulai semangat lagi, ternyata pemodelan saya masih harus dibenerin karna katanya blum "make-sense". Stress lagi. Jangan ditanya gimana stressnya. Bener-bener stress. Saya bilang ke orang-orang, kalo ketakutan terbesar saya selama ini, ya TA ini. Tapi, temen-temen ngasi dukungan, ngeyakinin kalo saya pasti bisa ngelewatin tahapan ini. Edwin bilang, "5 cm lagi, Yus. Ntar lu bakal ngetawain masa-masa ini, dimana lu susah payah gini".

Rabu, 1 April 2009
Paginya saya masih ngeprint draft. Jadwal sidang dimajuin 2 jam lebih cepat, jadi jam 1 siang, karna jam 3 nya udah yudisium. Dari pagi temen-temen udah banyak yang dateng. Saya diskusi ini-itu, simulasi sidang di depan temen-temen, dll, dsb. Menjelang siang, perut mules, mata panas, hati kacau, badan serasa remuk. Klop. Habis dzuhur, saya masuk ke ruang sidang. 20 menit pertama, PD saya meningkat. Selama presentasi, penguji terlihat menyimak apa yang saya sampaikan. Deg-degan mereda. Lewat 20 menit, beres presentasi, deg-degan meningkat, nyampe dada rasanya mau meledak. Mulai pertanyaan pertama, eng ing eng, saya ga bisa jawab dengan lancar. Tapi berbekal saran dari teman-teman, kalo ga bisa jawab, jangan bilang ga tau, pura-pura mikir aja, ntar juga bakal dikasih clue. Emang bener, saya dikasi clue sampai akhirnya jawabannya ketemu. Begitu seterusnya sampai pertanyaan terakhir. Satu setengah jam bener-bener ga berasa, ngalir gitu aja, ga seseram yang saya bayangkan. Sebelum dikasi nilai, saya disuru keluar ruangan dulu. Di situ saya nangis, antara lega, percaya ga percaya udah ngelewatin tahapan sidang, dan takut nunggu hasilnya. Tapi lagi-lagi, support dari temen bener-bener luar biasa, buat saya jadi lebih tenang.

10 menit kemudian, saya dipanggil masuk. Ketua sidang menyampaikan beberapa hal, kurang lebih isinya, mereka maklum kondisi saya seperti apa. Saya sedang tertekan, depresi, kelelahan, stress berat, dll, dsb. Tapi saya disarankan lebih mempersiapkan diri untuk hal-hal seperti itu ke depannya. Walau lagi depresi, harus bisa memberikan performa yang baik. Daann.. sampai saatnya..

"dengan ini saya nyatakan saudari Yusnita Yunus lulus dengan nilai A"

Speechless. Lagi-lagi saya cuma bisa nangis. Terima kasih Ya Allah. Engkau mendengarkan doaku.

Begitulah sekelumit cerita tentang TA saya. Kamu gimana?

4 comments:

@ Coy said...

Ceritanya menarik bener....

sheila said...

wih,, skrg bisa ketawa2 ky yg edwin bilang kan kak? hehehe.. wah,, jd takut ntar menghadapinya. hohoho..

Yushie said...

@ @ Coy: makasi.. makasi..

@ Sheila : ga ketawa2 si, jadinya
malah nelongso, mau ngapain yah sekarang
malah kangen pengen bobo di lab lagi
enak, ada ACnya, hehe..
wiess.. jangan takut,
itu akunya aja yang siyal, makanya sesetres itu mengerjakan TA
pokonya ntar kalo TA, slow but sure

Anonymous said...

ka yushiee.. kapan kita cerita2?
SELAMAT YA KAAK LULUS DENGAN NILAI A! huhuhuww...