Sunday, July 10, 2011

Liburan Bersama Adik Cecil (Part 2)

Menyambung postingan sebelumnya, selain saya ajak ke Dufan, adik cecil juga saya ajak ke PRJ. Ngeliat kehebohan berita soal PRJ, jadinya okelah, mari kita menjelajahi event PRJ ini. Niatnya pengen hunting oleh-oleh buat bawaan adik cecil.

Jumat sore, 1 Juli, saya balik teng go dari kantor. Karena ribet dengan bawaan yang cukup banyak, jadinya balik dulu ke kosan, dandan lebih ringkes, dan berangkat ke PRJ. Adik cecil protes, selama dia di Jakarta, jarang banget saya bawa pake angkutan umum. Padahal dia seneng naik busway atau kopaja yang katanya memacu adrenalinnya, haha.. As your request, adik cecil, kita pake jalur hemat kalo gitu.

Sejak di kantor, saya udah browsing, rute mencapai PRJ yang paling hemat itu gimana. Jadi, ternyata ada shuttle bis dari Monas ke kawasan PRJ dan itu gratis. Berbekal pengetahuan itu, dari kosan saya di bilangan Karbela, kami naik kopaja ke arah deket Monas, persisnya sebelum halte busway Sarinah.

Karena ga tau persis lokasi yang kami tuju, saya mengandalkan aplikasi Maps di ponsel canggih saya biar ga nyasar. Wakti itu udah cukup sore, sekitar abis maghrib dan kami baru berangkat dari kosan saya. Selama di kopaja, saya sama adik cecil duduk pas banget di depan tangga kopaja yang depan. Posisi adik cecil dekat jendela dan saya dekat lorong. Sempat saya perhatiin, adik cecil yang semula riang gembira mendadak diam. Saya pikir dia sakit, nahan mules, atau apa. Akhirnya begitu ada kesempatan, dia ngebisikin saya, ada cowo yang ngeliatin saya mulu, emm, tepatnya HP saya, sih, katanya.
Saya tanya, orangnya yang mana, adik cecil cuma bilang, orangnya di sebelahmu. Saya liat, orang di sebelah saya itu emang ngeliatin saya mulu. Bahkan begitu kami kontak mata, dia sok-sok senyum manis, cih, dipikir saya bakal tergoda apah.

Karena saya bener-bener ga ngerti jalan, di dalam kopaja yang cukup sepi itu, saya nanya ke keneknya, gimana caranya kalo saya mau ke PRJ. Keneknya bilang, ntar saya mesti turun di lampu merah depan sebelum halte busway Sarinah trus nyebrang ke Monas. Nah, di Monas itu tar bakal ada shuttle bus langsung menuju PRJ. Berbekal informasi itu, saya dan adik cecil turun di tempat yang dimaksud. Adik cecil sempet narik tangan saya, kaya ngasih kode gitu, tapi dasar saya yang ga peka, jadi saya cuek aja.

Suasana sekitar jembatan busway saat itu cukup lengang. Ada cowo yang jalan bersisian dengan saya tapi jaraknya agak jauh, dan adik cecil bilang, cowo itu lah yang daritadi ngeliatin saya, emm, maksudnya, HP saya di kopaja. Oalaaahh, ternyata saya salah paham. Saya pikir, orang yang dimaksud itu, orang yang tadi saya hadiahi dengan tatapan tajam dan senyum sinis.


Cowo yang dimaksud ini emang sempat ngeliatin saya dan adik cecil dengan tatapan yang aneh, tapi sejurus kemudian dia langsung jalan lagi, seperti tanpa ada maksud apa-apa ke kami berdua. Tapi bodohnya, saya ga ngeliat, dia perginya ke arah mana. Saya pikir kondisi udah aman, saya dan adik cecil melanjutkan perjalanan menyeberangi jembatan busway.

Sampai di atas jembatan, suasana bener-bener sepi, hanya ada 2 tuna wisma pria dan wanita. Pas banget di belokan jembatan, tiba-tiba pria tadi menghadang saya dan adik saya sembari menyodorkan tangannya ke depan badan saya. Otomatis saya ngejauh, dan ngebiarin adik cecil pergi duluan. Gpp deh saya kenapa-kenapa asal jangan adik saya yang kenapa-kenapa. Sepertinya dia lagi mabuk atau gimana, dia minta barang-barang saya. Saat itu saya benar-benar panik, apalagi ngeliat dia masukin tangan ke sakunya. Dalam bayangan saya udah berputar hal-hal negatif, mungkin aja di sakunya ada senjata tajam.

Saya maksa mau lewat, sementara dia tetap menghadang langkah saya. Duh, mau teriak juga percuma banget, ga ada orang lewat dan saya ragu apakah kedua tuna wisma itu juga bakal nolong. Suudzon parah lah pokona mah. Saya alihkan pandangan ke tuna wisma itu, dan dia juga noleh ke bapak tua itu. Begitu ada kesempatan, saya lari dan adik cecil juga ikutan lari. Saya pikir dia ga bakal ngejar, gataunya saya noleh (stupid!), dia juga ikutan ngejar. Ya Tuhan, batin saya benar-benar berkecamuk sekali saat itu.

Begitu turun dari jembatan busway, saya sempat menabrak seorang pengguna jalan, dan dia cuek banget. Harusnya mah ya, kalo ngeliat orang lagi panik seperti butuh bantuan, at least nanya lah, apalagi ngeliat ternyata ada pria bertampang sangar yang lagi ngejar.
Ah, masa bodoh, saya ga bisa mengharapkan bantuan siapa-siapa selain diri sendiri dan Allah SWT. Saya tetep lari sampai belokan depan Monas, dan Alhamdulillah ketemu satpam gedung. Ngeliat kami lari ngos-ngosan dan dikejar seorang pria, pak satpam ngajak kami buat berlindung di gardunya. Sementara itu, si pria penodong sepertinya masih nungguin kami di sekitar situ.

Panjang lebar dan acak adut saya nyeritain kronologi kejadian buruk yang hampir saja menimpa kami. Pak satpam berulang kali geleng-geleng kepala sembari mengingatkan kami untuk terus bersyukur, ga ada kejadian fatal yang sampai menimpa kami.
Agak malu-malu saya bilang kalo tadinya kami pengen berhemat buat ke PRJ. Tapi gimanapun juga, safety always comes first, jadinya demi alasan keamanan, kami tetap ke PRJ, lagi-lagi dengan taksi. Yang pasti-pasti aman aja deh :)

Nyampe di PRJ, pusing banget liat barang-barang murah bertebaran di mana-mana. Tapi saya ga berhasil tergoda. Adik cecil aja yang menambah tentengan belanjaan sementara saya menguras pundi-pundi rupiah, huff.. Lagi dan lagi, gpp deh, demi membuat adik cecil tersenyum bahagia :)

No comments: