Saturday, November 13, 2010

How time goes so fast

Dulu, jaman saya masih kecil, saya sering berkhayal, tar gedenya jadi apa ya? Ga sabar banget rasanya kepengen jadi gede, jadilah saya selalu menunggu hari esok, siapa tau hari ini 13 tahun, besok jadi 30 tahun, fufufu, seperti film 13 going on 30 saja, hehe..

Cita-cita pertama saya, tulus banget kepengen jadi guru. Keinginan ini kuat banget tapi as time goes by memudar juga. Cita-cita ini bertahan sampai saya duduk di SMP kelas 1. Berikutnya saya sempat punya cita-cita pengen jadi dokter karna menurut saya jadi dokter itu keren dengan jas putihnya.

Saat di SMA, sempat ga punya cita-cita khusus, ga pengen jadi guru, dan dah ga pengen jadi dokter juga, tapi in general tetep pengen lah jadi 'orang jadi'. Mungkin saat itu saya kehilangan jati diri, saya ngerasa masa SMA saya berlalu begitu-begitu saja tanpa ada kebanggaan khusus seperti yang saya rasakan ketika di SD atau SMP dulunya. Kenangan sih tentu aja indah, tinggal di asrama, bertemu sahabat baik yang sampai sekarang masih sangat berhubungan baik, dapat pelajaran hidup tentang arti sahabat dan berjuang untuk mendapatkan hasil terbaik. Well, yang saya maksud berlalu dengan biasa-biasa saja, itu karena untuk segi pencapaian hidup, saya ngerasa banyak membuang waktu di masa itu. Ga seperti sebelum-sebelumnya, saya ngejalanin hidup biasa-biasa aja dengan tidak berambisi.

Berikutnya, di bangku kuliah, lagi-lagi saya kurang berambisi dan no special target. Yah, jalanin aja lah hidup ini, toh ntar juga bakal terjalani dengan sendirinya. Kalo ditanya, ya, saya iri ngeliat temen-temen yang punya ambisi kuat untuk mencapai sesuatu dan menemukan jalan yang ia senangi dalam usaha pencapaian itu, sementara saya lebih banyak berdiam diri, manut wae sama hal yang udah digariskan untuk saya jalani. Berangkat kuliah sesuai jadwal, ngerjain PR, ngerjain ujian, belajar saat mau ujian, sementara di luar kehidupan perkuliahan, ya main ama temen-temen, menyenangkan diri, begitu-begitu saja.

Tapi semenjak berhadapan dengan tugas akhir, saya mendapat another priceless lesson-learned, saya ga akan bisa kalo bukan dimulai dari diri saya sendiri, dan ga punya target untuk dicapai. Dosen bisa ngebantu, temen-temen juga bisa, tapi kalo saya nya sendiri ogah-ogahan ngerjain skripsi, gimana bisa lulus? Well, saya kemudian bener-bener mulai memasang resolusi, dari A sampai Z, anggap saja saya akhirnya menemukan jati diri, mulai tau apa yang benar-benar saya inginkan. Dan, memang benar, ketika kamu tau benar apa yang kamu inginkan, dan kamu benar-benar berusaha untuk hal itu, nothing is impossible then. Akhirnya saya berhasil lulus dengan nilai memuaskan.

Sejak salah satu pencapaian terbesar saya dalam hidup itu, saya kembali berambisi dan mempunyai visi dan misi yang jelas untuk hidup saya selanjutnya. Saya kembali menyusun resolusi-resolusi serta cara-cara untuk mencapainya. Sempat terseok-seok memang, ga selamanya keinginan kita itu mulus dan tercapai, tapi percaya aja, Tuhan pasti punya rencana yang lebih baik di balik itu semua.

How time goes so fast, rasanya baru kemarin saya mengerjakan PR Matematika di teras rumah bareng temen-temen sekelompok diselingi ngerujak.

Well, mari kita bersiap untuk menyusun resolusi untuk pencapaian yang lebih baik di tahun berikutnya. Ganbatte!

No comments: