Tuesday, May 10, 2011

Balada Operasi Gigi

Beberapa minggu lalu, saya cek kesehatan gigi di klinik kantor. Niatnya cuma pengen periksa rutin per 6 bulan. Dokternya cekatan banget, liat bentar trus ngomong ke asistennya, bla bla bla, dan kemudian saya diberitahu bahwa ternyata gigi geraham saya yang paling belakang tumbuhnya rebah sehingga menekan gigi di sampingnya.

Dokternya nanya, apa saya sering ngerasa sakit kepala ato migrain. Jelas aja saya bilang iya, karena lately emang saya sering banget migrain. Ga tanggung-tanggung, saya pernah sampai pingsan sampai harus ijin sakit gara-gara ga kuat nahan sakit kepala. Yang biasanya sebulan mungkin hanya sekali, jadi lebih frekuentif. Saya sempat parno, minta di rontgen di kepala, kalo-kalo aja ada yang salah dengan kepala saya. Ternyata hasilnya fine-fine aja. Barulah setelah memeriksakan gigi ini saya ketahui penyebab seringnya saya sakit kepala. Ternyata syarafnya tertekan karena ya itu tadi, giginya tumbuh miring.

Seingat saya, ga cuma sekali saya diberitahu tentang hal ini. Sewaktu lulus SMP, saya pernah ikut medical check up untuk masuk ke SMU Taruna Nusantara, begitu juga sewaktu ikut tes STPDN. Tapi dulu-dulu saya ga ngeh, maksudnya itu gimana, dan dokternya pun ga ngejelasin panjang lebar. Mereka cuma bilang, someday gigi ini bakal ngeganggu perkembangan gigi yang lainnya, tanpa merekomendasikan apa yang harus saya lakukan.

Dengan dokter yang memeriksa kemarin, ga bisa nggak, kalo mau fine-fine aja, giginya harus dicabut. Ga tanggung-tanggun, 4 geraham sekaligus. Karena 2 geraham yang bermasalah, sementara pasangannya juga lebih baik dicabut karena ga punya temen.

Seumur-umur saya ga pernah cabut gigi secara paksa. Saya selalu bangga dengan kesehatan gigi saya yang jauh di atas rata-rata. Gigi rontok sewaktu kecil ya rontok gitu aja. Pas lagi bobo, gigi yang goyang tiba-tiba aja dah copot. Tapi sayang, waktu kecil saya belum tau soal peri gigi, jadi ga pake acara dapet duit gara-gara gigi tanggal. Begitu dapat penjelasan seperti itu, dan diakhiri dengan pernyataan "Yak, kita akan cabut 4 gigi geraham kamu", saya langsung lemas lunglai siyok.

Setelah mengatur jadwal dengan dokter gigi yang berkepentingan, tibalah saatnya eksekusi. Jam 2 siang saya dateng ke klinik. Sempet ngaca bentar, muka saya pucat pasi. Sebelum eksekusi, saya sempat browsing tentang hal serupa, dan kebanyakan komentar membuat saya ngeri. Beruntung dokternya ramah banget, saya diajak ngobrol supaya rileks. Sebenernya saya ga begitu ngeri dengan jarum suntik, tapi ngebayangin nyuntiknya di gigi, saya mendadak mual dan mules. Jarumnya emang kecil tapi begitu disuntikin ke gigi, oh my, yang namanya disuntik tetep aja ngilu dan nyeri.

3 menit berlalu, saya mulai ngerasa kebas di seluruh bagian mulut sebelah kiri. Untuk operasi tahap 1 ini, gigi yang diangkat adalah geraham kiri atas-bawah. Saya merem, gamau ngeliat aktivitas mereka. Yang saya rasain cuma gigi saya ditekan, seperti ditumbuk-tumbuk dan dicongkel, ditemani suara bor yang menambah mules.

Gigi atas berhasil diangkat dengan mudah. Dokternya nawarin saya mau ngelihat apa nggak, langsung saya bantah. Ogah, yang ada saya bisa pingsan. Pengangkatan gigi bawah yang agak ribet karena akarnya masih kuat banget sampai harus dibelah terlebih dahulu. Singkat cerita, gigi bawah juga sukses diangkat. Setelah semua beres, barulah saya berani ngelihat gigi-gigi malang itu. Hoeks, mual ngeliatnya, penuh darah dan ada sedikit daging menempel di sekelilingnya. Udah mules aja ngebayangin nyerinya setelah biusnya hilang.

Beres operasi gigi, tadinya saya mau langsung pulang. Tapi saya kepengen banget ikut ngedukung tim futsal lantai saya yang akan bertanding. Sempat dilema beberapa saat, tapi saya akhirnya tetep ngotot buat ikut nonton futsal walo dipastikan ga akan ada jejeritan dan teriakan super annoying dari saya buat tim lawan, huff..

Saat lagi seru-serunya nonton futsal, dziiinggg, mulailah saya merasakan nyut-nyutan. Sebodo amat, saya coba ga ngerasain, malah sesekali ikut teriak dengan bibir tetep terkatup saking semangatnya. Apalah daya, nyeri semakin bertambah, terpaksa bungkam demi kemaslahatan umat. Ga sia-sia, tim futsal lantai saya menang dan masuk ke babak final, ayeeyyy!!!

Sekarang udah cukup lupa dengan rasa sakitnya. Sambil menulis postingan ini, saya melatih buka tutup mulut dengan mengunyah ayam KFC, fufufu.. Semoga saja besok sudah sembuh supaya saya ga mesti absen latihan voli, uyeeaahh..

gigiku sayang gigiku malang :(

No comments: