Sunday, August 15, 2010

Call me chef Yushiemoshie :)

Saya bisa masak, yayy!!!

Udah sejak lama saya kepengen belajar masak, tapi karna beragam alesan, jadi aja niat itu hanya tinggal niat. Padahal dari dulu saya selalu ngekos di tempat yang ada dapurnya, komplit dengan segala peralatan memasak, bahkan ada juga bumbu yang disediakan gratis. Jaman kuliah dulu, alesan saya, karna sibuk belajar... bermain... dan bermain. Lebih efektif kalo makan di luar saja. Ribet juga soal bebersihnya *alesan banget ya ini mah*.

Begitu lulus, sempat nganggur beberapa bulan, saya pulang ke rumah. Tapi niat untuk belajar masak malah mengendap. Yang ada, saya malah belajar ngaduk semen, potong rumput, ngecat, dll, dsb. Pokonya anti banget deh soal urusan masak-memasak. Biarlah itu menjadi hak paten ibu saya yang notabene sangat pandai sekali memasak. Kadang-kadang iri juga, ibu saya itu dikasih tau resep sekali aja, simsalabim, langsung bisa jadi masakan yang super duper lezat. Nah saya, berkali-kali dikasih tau resep bikin sayur sop aja, berkali-kali pula gagal. Emang ga ada bakat kali, ya? Tapi at least, saya bisa masak mi, goreng telur, spaghetti, emm.. apalagi? Masak air, tentunya bisa :)

Naahh, beberapa waktu yang lalu, saya ngobrol dengan temen di kantor. Pacarnya pinter masak. Kebetulan pacarnya sekosan dengan saya. Dan memang saya perhatikan, si cewenya ini emang pinter masak. Berkali-kali saya liat, dia lagi sibuk di dapur, dan masakannya ga sekedar masakan ecek-ecek menurut saya. Dan beberapa kali, cewenya nitip makanan ke saya buat disampein ke temen saya ini. Balik lagi ke temen saya ini, dia bilang, kunci pesona dari pria adalah omongannya, sedangkan kunci pesona dari wanita adalah dari masakannya. Mendengar pernyataan itu, doeeeng, saya ngerasa tersindir. Dari situ, hasrat saya semakin menggebu-gebu untuk bisa memasak.

Berhubung ini bulan puasa, which is harus sahur, akhirnya saya putuskan untuk belajar sedikit demi sedikit. Males juga kalo mesti nyari makan keluar kosan. Beli lauk malem sebelumnya juga males. Temen-temen kosan saya yang kebanyakan pria juga sama malesnya kaya saya, dan mereka mendukung penuh niat saya untuk memasak ini. Dimulai dari hunting rice cooker, kemudian lanjut beli bahan-bahan, mulai dari yang simple dulu aja. Untuk beginner, gapapa dong kalo belajarnya dari yang paling gampang, kaya kornet, sosis, sarden, indomi, hehe.. Yang penting kan bikin sendiri, ga beli jadi. Ya nggak ya nggak ya nggak? Untuk sayuran juga saya beli yang udah paketan, tinggal diracik doang.

Well, kemarin saya masak sayur sop dengan lauk sosis. Saya bolak-balik nanya mbak kosan, gimana cara bikinnya. Kata mbak, sebenernya simple aja, cuma saya nya aja yang riweuh, ribet sendiri. Ya iyalah, gimana ga ribet? Bikinnya aja deg-degan. Setelah dikasi tau cara-caranya, mulailah saya motong-motongin sayuran (wortelnya saya bentuk jadi kaya bunga gitu deh, haha), ngupas-ngupas bawang (paling benci ngupas bawang, baru sebiji aja air mata saya udah ga karuan ngalirnya), ulek-ulek bumbu, dan voila, jadilah sayur sop perdana bikinan saya. Rasanya terharu banget begitu ngeliat. Baru ngeliat nih ya, blom nyicipin. Kata mbak, dicicipin dulu, jangan cuma bengong ngeliatin, ga akan berasa kalo cuma diliatin doang mah. Akhirnya saya memberanikan diri buat nyicipin, daaannn... Alhamdulillah rasanya enak. Ingin rasanya menitikkan air mata saking bahagianya *yes, please, call me sentimental*

Begitu teman-teman saya nyicipin, Alhamdulillah, mereka melontarkan pernyataan yang semakin membuat saya bergairah untuk meneruskan hal ini. Senang sekali rasanya mendapatkan apresiasi yang sederhana tapi means a lot for me.

Hari ini saya masak sayur bening, dengan lauk yang sangat sederhana sekali, kornet dan telor dadar. Tapi, lagi-lagi, walo penuh dengan kesederhanaan, tapi rasanya nikmat sekali makan masakan sendiri, dan teman-teman yang ikut makan bareng saya juga merasakan hal yang sama. Alhamdulillah.

Jadi mikir, masakan yang gampang, apa lagi ya?
Besok masak apa lagi, ya?

2 comments:

yanda said...

yushie; masak sarden, sosis, dan kornet itu hampir sama hukumnya dengan membeli masakan jadi. *menurunkan semangat* :p

gpp yus, pada intinya semua wanita pasti bisa masak. yang membedakan adalah niatnya. justru niatnya itu yang susah. palagi bulan puasa gini. 4 jempol lah. :D

*go yushie go yushie go*

Yushie said...

ehehe, iya nih kak, kalo itu mah ga diitung sih. tapi pas beres masak sayur sop nya tea, wuuaahh, sesederhana itu aja rasanya naujubila senangnya. apalagi pas dicicipin ma yang laen trus dipuji, wuuiihh, kenikmatan tiada tara kak, hehe.. okelah kalo begitu, saya akan berjuang lebih keras lagi, hihi..