Sunday, March 27, 2011

Malam Sabtuku Kali Ini

Hari ini papi pulang. Sedih.

Balik dari nganter papi ke bandara, karena ini malam minggu dan saya asumsikan jalanan di Jakarta akan macet, jadi saya memutuskan untuk sedikit berhemat, pulang naik damri. Mengutip slogan temen kantor yang akan nikah, segalanya dibuat hemat, "hemat, beb..".

Seingat saya, sepanjang perjalanan saya menggunakan transportasi umum selama ini, sangat jarang sekali mendapatkan teman sebangku yang 'menarik'. Selama ini, sesering itu saya naik pesawat, kereta api, bis, travel, angkot, you name it, hampir selalu ditemani berbagai tipikal manusia yang aneh bin ajaib.

Untuk perjalanan tadi, saya sebangku dengan pria metal. Tampang sangar, dandanan gahar, tapi sepanjang perjalanan, kebetulan lagu yang diputer di bis rada-rada mellow dan ajaib seperti Teruskanlah - Agnes Monica, I Heart You alias cinta cenat-cenut yang dipopulerkan Smash, dan dia hafal dong lirik serta nada-nadanya. Ajaib! Emang benar-benar METAL, MEllow toTAL, ckckck.. Mungkin di awal dia udah nyapa saya, tapi karena saya lagi asyik dengerin 'lagu normal' pake earphone, jadilah dia saya anggurkan. Begitu HP menunjukkan indikasi low battery, saya copot earphone dan mencoba memaksakan diri menikmati lagu-lagu kesenengan pria metal tadi. Ga lama kemudian, dia nyapa, beramah tamah. Udah saya duga, awalnya ramah-tamah, ujung-ujungnya ngajak kenalan dan ujung-ujungnya lagi seperti halnya pria-pria iseng bin kurang kerjaan nan desperate sehingga menggoda siapapun wanita yang ditemui, bahkan mungkin kambing betina dibedakin juga hajar blehh, nanya-nanya hal lebih lanjut yang memancing ke arah, apakah Anda single dan available.

Kalo udah ngadepin situasi gitu, biasanya saya dilema, antara emang pengen ramah ke orang tapi takut tar disangka memberi respon atau pasang muka judes sekalian, sebodo dianggap sombong atau apalah itu, asal bisa lepas dari jebakan betmen. Awalnya saya balas ramah juga tapi begitu pertanyaan udah ngebuat gelisah, akhirnya saya pakai salah satu jurus yang belakangan ini selalu saya lakukan kalo bertemu dengan pria-pria iseng yang udah ketahuan banget niatnya ga tulus beramah tamah. Entah mengapa, cara-cara ini selalu ampuh.

Saya : "aduhhh... " (nyengir nyeri sambil megang perut)
cukup sukses hingga dia bertanya "mbak kenapa?"
Saya : "bayi saya lagi nendang perut. kangen papanya mungkin"
lagi-lagi sambil ngelus perut, saya menggumam sendiri, "sabar ya sayang, papa cuma pergi bentar. kamu baru juga ditinggal setengah jam udah nendang-nendang perut mama."
lebay sih emang, tapi bae lah, suka-suka saya, wong lagi akting hehe..

Setelah itu, voila, hilanglah percakapan basa-basi dari pria metal ini. Kami membisu, sementara saya masih terus berakting mengusap-usap perut. Bukannya sok oke atau bagaimana, ya, saya nyadar kok, diri ini juga biasa-biasa saja, tapi ada kalanya, saya benar-benar gerah dan muak dengan beberapa sikap pria yang pada awalnya ramah ngajak kenalan tapi kemudian pembicaraan merembet ke hal-hal pribadi yang pada ujungnya nanti akan diakhiri dengan meminta nomer handphone kemudian dilanjutkan dengan PDKT instan yang cenderung memaksa yang bagi saya rasanya seperti diteror. Kenapa saya bisa berkata seperti ini? Saya pernah mengalaminya. Kasihan sekali ya saya, niatnya balas beramah tamah malah jadi terkena jebakan betmen. Kalo kata seorang temen, "ya kamu itu yang stupid, nomer hape kok dikasi ke sembarang orang", dan saya cuma ngeles "abisan dia bilang, siapa tau aja suatu saat nanti butuh, dan ga ada salahnya asal ga neror aja". Ternyata salah besar, haha.. Lagian, waktu itu kan saya masih teramat sangat lugu sekali, baru juga pindah ke kota besar, haha..

Pengalaman lainnya, beberapa bulan yang lalu ketika saya balik dari Jogja ke Jakarta naik kereta. Kali itu, cowo yang duduk di sebelah saya sedari awal pun sudah sangat menyebalkan sekali. Saya langsung diberondong dengan pertanyaan to the point, single atau nggak. available atau nggak. Beruntung waktu itu saya lagi bawa cincin yang mirip cincin tunangan (atau cincin kawin?) saya pake di jari manis kanan dan bilang ke dia, i'm newly wed. Awalnya dia ga percaya, tetep nekat mengumbar jebakan betmen. Dalam hati saya membatin, mungkin pria ini sangat putus asa sekali nyampe 'istri orang' pun jadi lah. Tapi saya ga kehabisan akal. Saya SMS seorang teman, bilang ke dia kalo saya mau nelfon, apapun yang saya omongin, dia ga boleh protes. Done. Saya telfon lah sang teman dan menceracau honey bunny sweety, aku misyu, aku loveyou, dll, dsb. Ya, emang lebay, tapi lagi-lagi, suka-suka saya dong, wong saya yang akting, ehehe.

Berhasil. Beres saya nelfon 'suami', pria itu diem aja, capek meureun nya', ga nanya-nanya lagi. Kenapa sih saya ampe ribet amat ngelakuin hal-hal aneh seperti itu? Sederhana aja, saya emang suka lebay, haha.. Kepengen jadi artis tapi ga kesampean, kapan lagi bisa mempraktikkan kemampuan akting saya, fufufu.. Ah, Fitri Tropica, you're my inspiration.

Masih banyak lagi kejadian-kejadian dan teman-teman ajaib lainnya. Tapi seingat saya, pernah juga sewaktu saya naik Primajasa dari Bandung Super Mall ke bandara, saya sebangku dengan berondong manis nan ngganteng. Saya cuma inget, namanya Sukma, mahasiswa ITB, sisanya... lupa. Hai, Sukma :)

Huff, dan sabtu ini diakhiri dengan menonton The Tournament yang mana filmnya sangat amat yaiiksss... Banyak daging bertebaran dimana-mana, hoeekkss..

6 comments:

Sheila said...

hahahahaha..kocak kaaakk! aku gak bisa loh tp akting bgitu..wkwkwk.. palingan bisanya ngasi nomer hp yg ga aktif. :p
tapi emang tiap naik2 kendaraan umu gitu suka ngarep2 cemas bakal sbelhan ma sapaa gt (yg ujung2nya ya org biasa2 aja). emang epek senetron dan ftv ini mah :D

Yushie said...

masi banyak lagi shel
aku baru mau buat postingan kedua soal pengalaman lainnya eheheu..
iyaa, aku suka doa dalam hati semoga dapet teman seperjalanan yang asyik
seringnya belum dikabulkan, huff..

empe said...

hahahaha unik juga

hey.. tapi saya komen jangan dihitung buat pdkt yah :D

jadi laki-laki yang harus bagaimana yang bisa dekat denganmu? dimulai dari teman dulu kah?

to the point, salah, basa basi ngalor ngidul, salah. atau memang sedang tidak mau?

well it's up to you, enjor your life.

eve said...

Buahahahaha.. Cobain ahhh tar...

winda said...

haha, lucu, boleh deh diterapkan kapan2 =D

Yushie said...

@ eva : kalo kamu ketebak, va, pasti kamu judesin. sepanjang aku bareng kamu, kalo ada yang godain, galak amat dah balesnya haha..

@ winda : nanti kasi tau ya hasilnya gimana, fufufu..