Saturday, June 11, 2011

Gosip??? Hmm.. Dilematis..

Emang kalo udah busy doing nothing gini, bawaannya kepengen nge-blog aja mulu. Humm, beberapa minggu belakangan ini saya termotivasi untuk mencoba bener-bener menerapkan yang namanya positive thinking. Gampang-gampang susah ternyata. Adaaa aja cobaan kesabaran yang mesti dihadapi. Terkadang saya bisa menjadi begitu peduli terhadap sesuatu, tapi di lain waktu, boro-boro peduli, mau tau aja nggak, alias apatis kalo bahasa Prancisnya. Ada beberapa hal yang bakal bener-bener menyita perhatian dan pikiran kalo saya rasa ga sejalan dengan konsep pemikiran saya. Ah, susah bahasanya.

Saya mulai dari kebiasaan bergunjing. Bergunjing di sini bukan dalam konteks gosip asyik tanpa melukai perasaan orang, yang cuma buat seru-seruan, melainkan gosip yang bisa ngerugiin si bahan gosipan. Meski sekarang saya ga begitu doyan gosip, tapi kalo diajak bergosip seneng-seneng aja, terkadang nimpalin. Dengan catatan, emang yang dibicarain itu fakta dan orang yang bersangkutan juga no problemo alias asyik-asyik aja atau malah ikut terlibat langsung dalam pembicaraan.

Kadang-kadang saya terlibat dalam pembicaraan atau percakapan yang kurang mengenakkan, dan pada akhirnya ga begitu menikmati pembicaraan itu, tapi dasar saya susah ngambil sikap, jadi aja cuma kaya orang dongo ngedengerin doang. Saya lantas jadi mikir, gimana kalo obyek pembicaraan mereka adalah saya. Di depan saya mereka bersikap biasa saja, tetapi di belakang saya, mereka habis menusuk saya. Ga masalah bagi saya kalo emang ga suka dengan seseorang lantas menunjukkannya langsung kepada pihak yang bersangkutan, malah lebih baik sehingga orang tersebut bisa langsung introspeksi diri. Catet!

Setelah saya alami sendiri, rasanya emang adrenalin lebih terpacu dan kelegaan lebih maksimum ketika dengan gentle langsung bicara empat mata dengan orang yang bersangkutan, ketimbang menceritakan hal tentang X kepada si A, kemudian si A sadar atau tidak sadar membaginya dengan si B. Seiring waktu berjalan, B bertukar pikiran dengan si C kemudian sampailah pada telinga si D dan pada akhirnya kebetulan kembali di telinga X dalam bentuk cerita yang luar biasa indah dan kreatif.

Emang seru sih ngegosip itu, apalagi kalo beritanya spektakuler, soal aib teman atau apapun lah itu yang memacu adrenalin untuk dibicarakan. Saya pun pernah amat menikmati. Tetapi suatu ketika tanpa sengaja, saya tau bahwa beberapa mantan teman sedang bergosip tentang saya, yang mana hal itu emang bener sih sedang saya alami, lantas saya merasa seperti dihantam godam. Saya ga mengambil sikap ekstrim, cukup lebih menjaga diri dari si ‘kawan’. Setelah kejadian, saya bercerita ke teman yang lain, dan teman ini bilang ke saya, “Dia cerita gitu tentang kamu, nah kamu cerita gini tentang dia. Mau sampai kapan masalahnya beres?”Jlebb, dari situlah saya benar-benar mikir, iya juga, mau sampai kapan masalahnya beres kalo saya juga ikut-ikutan memperkeruh suasana. Yang ada, masalah ga beres, tetep aja rasa dongkol bersemayam di hati.

Hal kedua, masalah gampang gedheg alias sebal dengan orang, dengan beragam silly reasons. Contoh gampangnya, saya baru saja diberi tahu teman bahwa seorang teman yang lain, sebut saja X, baru-baru ini lagi-lagi menunjukkan bahwa memang benar adanya kami ini kemungkinan besar saudara kembar :(. Segala penampilan from head to toe jadi miriiippp banget. Sebenernya wajar aja sih, toh setiap orang berhak untuk menentukan style mereka. Dan saya juga mungkin di alam bawah sadar, berpenampilan mengikuti orang lain juga. Tapi dasar sayanya aja yang udah ga suka dari awal dengan si kawan ini jadi gedheg begitu tau hal tersebut. Seakan-akan ngajak saingan, kalo suudzonnya begitu. Tapi hufff, kalem yusi, kalem. Namanya juga lagi diuji kesabaran, huff.. Jadi inget lagunya Saykoji, you copy my style, you copy again :(

Huff, intinya saya cuma mau curhat di blog sendiri. Setelah saya baca ulang lagi postingan ini dari awal, bukannya menyampaikan hal yang membangun, malah terkesan sinis ya. Maafkan kata yang tlah teeeruucaapp... (tertulis-red).

Kalo kata seorang teman yang dulu pernah sangat dekat dengan saya, kalo punya masalah, jangan cerita pada sesama manusia. Ceritalah pada Allah SWT *mendadak religius. Tapi emang bener, ketimbang membagi aib atau bahan mentah gosipan di sarang penyamun gosip, emang sangat jauh lebih baik membaginya dengan Yang Maha Memiliki segala problem dan solusinya.

Pesan moral : bergosiplah secukupnya saja dan kalo lagi kesel ama orang inget yang baik-baiknya biar sebelnya ilang :)

Happy weekend, y’all..

No comments: